Seorang Nelayan bernama Wardi (36 Tahun) berhasil mendapat ikan Tirus ketika dirinya memancing di sungai desa Segarau, Kecamatan Tebas, kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Sehari hari pak Wardi bekerja sebagai Nelayan di Desa Segarau.


Ia setiap hari memancing dan membentangkan pukat di Sungai Sambas Besar, Desa Segarau yang tak jauh dari rumahnya.

Wardi tidak menyangka dirinya akan mendapat ikan Tirus. Ketika mengangkat pancingnya dia merasa berat ada ikan yang memakan umpannya.

Wardi mendapat ikan tirus berwarna kuning emas dengan jenis kelamin laki laki karena bagian bawah perut ikan yang agak pipih. Kemudian Wardi menjual ikan Tirus tersebut kepada warga Desa Segarau dengan harga Rp140.000.000 (140 Juta).

Ikan Tirus menjadi mahal bukan karena dagingnya, melainkan gelembung renang yang merupakan salah satu organ dalam ikan tersebut. Organ renang berfungsi untuk membantu ikan mengapung di dalam air sehingga ikan tidak harus berenang secara terus menerus. Gelembung ini juga menjadi salah satu alat ikan untuk beradaptasi. Gelembung ikan ini digunakan Manusia sebagai benang jahit pascaoperasi atau luka, karena memiliki tekstur yang tipis, lentur, dan kuat.

Baca Juga : Jenis ikan channa populer di indonesia

Ikan Tirus memiliki sebutan lain seperti Ikan kepala batu atau ikan Gulama. Nama latin dari ikan ini adalah Johnius trachycephalus. Habitat asli ikan ini adalah perairan Thailand, Sumatera dan Kalimantan.

Manfaat Gelembung Ikan Untuk Kesehatan Manusia

1. Sebagai sumber kolagen

Salah satu fungsi kolagen adalah untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap kencang sehingga terlihat awet muda. Kolagen dapat menjaga kulit secara keseluruhan sehingga menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Gelembung ikan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang baik maka pembakaran kalori dalam tubuh akan menjadi baik juga. Metabolisme tubuh yang baik akan menjadikan tubuh lebih fit, berenergi, dan berat badan akan terkontrol.

3. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Ibu hamil yang mengonsumsi gelembung ikan sama saja dengan memberikan nutrisi yang baik untuk janin didalamnya. Hal tersebut dapat menambah kecerdasan otak bayi dan membantu sirkulasi darah pada janin.